Rilis Pers

Provinsi Sumatera Utara yang telah meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2019 Tingkat Nasional.

MEDAN – Provinsi Sumatera Utara menjadi salah satu provinsi yang berhasil meraih penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2019 tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin kepada Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Kamis (21/11), di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Menurut Direktur Eksekutif FITRA Sumut bahwa perjuangan panjang Provinsi Sumatera Utara untuk mengimplementasikan aplikasi yang informatif bukanlah pekerjaan yang mudah.

Dibutuhkan komitmen Kepala Daerah agar hal tersebut terwujud, hal ini dimulai dari payung hukum yaitu berupa peraturan Gubernur Sumatera Utara Nomor 77 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sumut Smart Province dan sesuai tupoksi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara yang diamanahkan maka Dinas Kominfo Provsu meluncurkan Aplikasi Sumut Smart Province pada tanggal 20 Maret 2018 yang diresmikan langsung oleh Gubernur H.T Erry Nuradi yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Provinsi Sumatera Utara ujar ruri menerangkan kepada wartawan dalam pers rilis FITRA Sumut, Kamis (21/11).

Tentu saja merawat dan mengembangkan aplikasi agar terinformasi kepada seluruh lapisan masyarakat bukanlah pekerjaan yang mudah lanjut Ruri, kita apresiasi komitmen Gubernur Provinsi Sumatera saat ini Bapak Edy Rahmayadi yang terus memastikan aplikasi Sumut Smart Province (SSP) sesuai tujuannya yaitu sebagai pusat informasi dan Pelayanan terhadap masyarakat, terus terang kami FITRA Sumut merasa bangga dan turut mengapresiasi penghargaan yang diterima oleh Provinsi Sumatera Utara, sebagai organisasi yang bergerak pada isu kebijakan publik dimana dalam setiap kajian dan kerja-kerja kami menggunakan data yang valid, sehingga dibutuhkan sumber data yang tersedia dengan mudah, murah dan terjangkau, aplikasi ini dapat kita akses melalui android dan laptop kita dimanapun berada kata Ruri menambahkan keterangannya.

Perlu diketahui bahwa aplikasi Sumut Smart Province ini adalah bagian pengembangan E-Government yang sudah dilaksanakan oleh Pemprovsu dengan mentransformasikan beberapa pelayanan manual selama ini menjadi pelayanan berbasis elektronik atau aplikasi, seperti Aplikasi Integrasi E-Government (G To G), Aplikasi Layanan Publik (G To C) dan Aplikasi Layanan Dunia Usaha (G To B).

Tahniah kepada Provinsi Sumatera Utara, yang telah berhasil memperoleh penghargaan ini, dan telah bekerjasama dengan FITRA Sumut dan CSO lainnya mengisi ruang-ruang publik dan yang terakhir adalah mensosialisasikan Aplikasi LAPOR! dan mengawalnya di 33 kabupaten/kota se-Sumatera Utara, Terimakasih kepada Ibu Sekda Sabrina dan Pak Wagub Musa Rajehksah yang juga telah mengimplementasikan dan mengelola pengaduan pada aplikasi SP4N-LAPOR!.

Komentar Dinonaktifkan pada Provinsi Sumatera Utara yang telah meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2019 Tingkat Nasional.