Rilis Pers

LAPOR! : Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat!

Sesuai dengan amanat UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Pelaksana pelayanan publik merupakan pejabat, pegawai, petugas, dan setiap orang yang bekerja di dalam Organisasi Penyelenggara yang bertugas untuk melaksanakan pelayanan publik dimana Standar pelayanan menjadi tolok ukur dalam penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji Penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Untuk itu Penyelenggara pelayanan publik diwajibkan untuk menempatkan pelaksana layanan yang kompeten dalam setiap proses pelayanan dimana salah satunya adalah penanganan pengaduan.

Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik mengisyaratkan dibentuknya Sistem Pengelolaan Pengaduan Publik Nasional (SP4N) yang merupakan integrasi Pengelolaan Pengaduan pelayanan publik secara berjenjang pada setiap penyelenggara dalam kerangka Sistem Informasi Pelayanan Publik.

Lebih lanjut dalam Surat edaran Menteri PAN-RB Nomor 4 tahun 2016, menyatakan seluruh pemerintah harus terhubung dengan aplikasi SP4N LAPOR!.

Pada Maret 2019, Fitra Sumatera Utara bersama Ombusdman RI Perwakilan Sumatera Utara memberikan penguatan Kapasitas kepada Admin LAPOR! di 5 (lima) Kabupaten/Kota :

  • Gunungsitoli,
  • Nias,
  • Binjai,
  • Pematang Siantar
  • dan Deli Serdang.

Pada pelatihan ini semua Admin Instansi dan admin penghubung yang mewakili kabupaten/kota masing-masing sangat aktif mengikuti pelatihan, dan masing-masing admin telah memperoleh Akun ID.

Antusias dan semangat itu masih kawal hingga hari ini, sehingga semua Kabupaten/Kota yang sedang kami jadikan Pilot Program bersama Ombusdman RI Perwakilan Sumatera Utara ini segera mengimplementasikan kanal pengaduan LAPOR! dalam ruang pengaduan rakyat secara online.

“Salam Transparansi!”